Minggu, 29 November 2015

Peluang Prospek Kerja Teknik Lingkungan Terbaru

Peluang Kerja Teknik Lingkungan [Environmental Engineering]. Perkembangan teknologi yang pesat oleh manusia ternyata diiringi dengan semakin kompleksnya masalah lingkungan sehingga semakin memprihatinkan dan semakin mengancam eksistensi manusia. Kebutuhan air yang semakin meningkat ditambah dengan pencemaran air lingkungan sehingga tantangan lingkungan dapat diselesaikan oleh insinyur teknik lingkungan.

Peluang Prospek Kerja Teknik Lingkungan Terbaru
Peluang Prospek Kerja Teknik Lingkungan Terbaru

Jurusan teknik lingkungan mempelajari tentang penyelesaian masalah lingkungan dengan pendekatan teknologi yang maju antara lain tidak terbatas pada penyediaan air minum, sistem pembuangan dan recycle buangan cair, padat, dan gas serta mencakup drainase perkotaan dan wilayah desa.  Teknik Lingkungan juga mempelajari bagaimana pengelolaan dampak lingkungan serta sanitasi lingkungan dan pengendalian masalah pencemaran air, tanah, dan udara yang ada di dunia ini.

Peluang Kerja Lulusan Teknik Lingkungan

Masalah lingkungan semakin meningkat akan menjadi prospek kerja bagi fresh graduate jurusan teknik lingkungan sehingga dengan pentingnya lingkungan yang sehat menjadikan kesempatan lulusan sarjana lingkungan untuk mengambil peran dalam indahnya lingkungan. Untuk membahas lebih detail mengenai peluang prospek kerja teknik lingkungan mari kita bahas berikut ini.

Prospek Kerja Teknik Lingkungan sebagai Tenaga Pendidik/Dosen.

Untuk tenaga pendidik/dosen teknik lingkungan masih jarang sehingga terbuka kesempatan untuk lulusan teknik lingkungan sebagai pengajar terutama dosen jurusan teknik lingkungan.

Teknik Lingkungan Bekerja di Pemerintahan

Pada pemerintahan, untuk para lulusan teknik lingkungan memiliki peluang untuk bekerja di Kementrian Perindustrian, Kementrian Kelautan, Kementerian Lingkungan hidup dan kehutanan, Kementerian ESDM, dan lembaga pemerintah lainya.

Lulusan Teknik Lingkungan di Badan Usaha Milik Negara dan Sektor Swasta

BUMN dan sektor swasta terhadap lingkungan banyak sekali perusahaan-perusahaan industri besar yang membutuhkan tenaga lulusan ini terutama yang bergerak dibidang petrokimia, pertambangan, minyak dan lain sebagainya. Beberapa contoh perusahaan misalnya PT Pertamina, Krakatau Steel, PT Unilever, Total, Kimia Farma, Chevron, Biofarma, Aneka Tambang.

Untuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan Jurusan Teknik lingkungan antara lain Teknik Lingkungan ITS, Teknik Lingkungan ITB (FTSL), STTL (Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan) di Yogyakarta,  Teknik Lingkungan UNDIP, Teknik Lingkungan UI, Teknik Lingkungan UPN Jogja dan masih banyak lagi lainya baik swasta maupun PTN. Dan untuk perguruan tinggi di luar negeri juga banyak yang membuka teknik lingkungan, maka jika ingin kuliah di luar negeri dengan beasiswa belajarlah dengan baik.

Demikian informasi mengenai prospek kerja dan peluang kerja jurusan teknik lingkungan yang perlu anda ketahui dan sebenarnya masih banyak profesi untuk program studi teknik lingkungan dengan gaji yang cukup besar serta berguna untuk lingkungan. Semoga informasi tersebut berguna untuk anda semua dan terima kasih.

Peluang Prospek Kerja Teknik Lingkungan Terbaru Rating: 4.0 Diposkan Oleh: Admin Blog

0 komentar:

Posting Komentar