Selasa, 03 Maret 2015

Prospek Kerja Teknik Geologi

Prospek Kerja Teknik Geologi - Teknik Geologi (Geological Engineering) mempelajari ilmu tentang bumi dengan berbagai aspeknya, termasuk di dalamnya adalah batuan, bentuk atau struktur dan hubungan antar batuan serta proses kejadiannya. Ilmu-ilmu yang dipelajari di Teknik Geologi bertujuan untuk memberikan teman-teman pengetahuan agar mampu menjelaskan keadaan alam dan proses yang terjadi di permukaan bumi dan dari dalam bumi.

Teknik Geologi
Teknik Geologi

Disamping itu, setelah mendapatkan kuliah di program studi ini, kalian diharapkan dapat memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang ada, serta memberikan saran dalam bidang keteknikan, lingkungan dan bencana, yang berkaitan dengan kebumian.

Keberadaan ilmu Teknik Geologi menjadi istimewa karena perannya dalam proses eksplorasi (pencarian) minyak dan gas bumi, mineral berharga dan air tanah menjadi hal yang penting dalam proses penambangan SDA. Penambangan tidak bisa dilakukan jika seorang sarjana Teknik Geologi belum menyelesaikan tugasnya. Dengan dasar ilmu batuan yang kuat, tentunya memungkinkan bagi teman-teman untuk mengembangkan ilmu di bidang batu-batu mulia seperti, berlian, intan, permata, saphire, dll. Pengetahuan tentang struktur batuan tersebut tentunya dibutuhkan untuk membentuknya hingga menjadi indah dan menarik.

Berikut ini merupakan prospek kerja dari jurusan Teknik Geologi yang perlu anda ketahui. Yuk mari kita simak guys..:)

Teknik Geologi untuk Industri Perminyakan dan Gas Bumi
Pada bidang ini sarjana Teknik Geologi akan bertugas sebagai ahli yang bertugas untuk melakukan proses eksplorasi minyak dan gas bumi. Misalnya: Medco Energi, Pertamina, Chevron, ExxonTotal Indonesia,dan lainnya.

Teknik Geologi untuk Industri Pertambangan
Pada industri pertambangan sarjana Teknik Teknik Geologi bertanggungjawab untuk mencari potensi SDA seperti mineral berharga dan batu bara. Misalnya: PT Aneka Tambang, PT Freeport Indonesia, PT Timah

Konsultan Teknik Geologi
Konsultan Teknik Geologi akan mengerjakan berbagai macam pekerjaan yang berhubungan dengan proses eksplorasi SDA. Oleh karena itu, konsultan Teknik Geologi akan banyak bekerjasama dengan industri-industri perminyakan dan penambangan.

Lembaga atau Pusat Penelitian/Instansi Pemerintahan
Sarjana Teknik Geologi akan mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses eksplorasi SDA. Beberapa instansi pemerintah yang membutuhkan sarjana Teknik Geologi misalnya Direktorat Energi dan Sumberdaya Mineral, Kantor Wilayah (Kanwil), BAPPENAS, BAPPEDA

Teknik Geologi sebagai pengajar
Lulusan Teknik Geologi dibutuhkan sebagai pengajar di berbagai universitas baik di dalam maupun diluar negeri.

Sumber :usm.itb.ac.id

Untuk jurusan teknik geologi sendiri berada di berbagai perguruan tinggi di Indonesia antara lain ITB, UGM, Unpad, dll. Demikian informasi mengenai peluang kerja teknik geologi yang perlu anda ketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan terima kasih.

Prospek Kerja Teknik Geologi Rating: 4.0 Diposkan Oleh: Admin Blog

0 komentar:

Posting Komentar