Sabtu, 28 Februari 2015

Prospek Kerja Teknik Industri

Prospek Kerja Teknik Industri – Teknik Industri (Industrial Engineering) adalah suatu ilmu yang mempelajari pengetahuan, pendekatan, pola pikir, prinsip-prinsip dan ketrampilan yang tetap berakar pada keilmuan teknik yaitu proses perancangan (design) oleh Insinyur Teknik Industri. Namun obyek yang dirancang bukan sesuatu yang konkret seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, atau yang lain, melainkan apa yang disebut sebagai sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi dan informasi.

Prospek Kerja Teknik Industri
Teknik Industri

Ilmu Teknik Industri mampu menjembatani antara aspek teknis dengan aspek manusia, keuangan, organisasi, dsb. Hal ini didukung dengan cara pengajaran yang mengajak teman-teman untuk berpikir kritis dengan contoh-contoh konkret yang up to date serta proyek-proyek perancangan yang dikerjakan berkelompok. Contohnya bagaimana merancang tata letak pabrik; bagaimana mengembangkan aplikasi sistem informasi untuk perusahaan; bagaimana membuat proposal bisnis; bagaimana mengelola organisasi dengan berbagai permasalahannya, dsb. Dan itu merupakan tugas dari seorang lulusan teknik Industri.

Apa yang dipelajari dalam Teknik Industri?
Berbagai ilmu dipelajari dalam perkuliahan seperti Matematika, Fisika, Kimia, Manajemen, dll. Jadi untuk kalian yang suka dengan pelajaran tersebut jangan ragu untuk masuk jurusan Teknik Industri.

Prospek Kerja Teknik Industri
Seorang alumni Teknik Industri selain memiliki gaji yang besar. Untuk peluang teknik industri sangat luas. Berikut ini merupakan prospek kerja dari jurusan teknik industri yang perlu anda ketahui.

1. Teknik Industri dalam Bidang produksi/ operasi dan penjaminan mutu
Lulusan Teknik Industri  sangat dibutuhkan khususnya untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas. Hampir semua perusahaan membutuhkan ini, khususnya perusahaan manufaktur seperti Toyota Astra Motor, PT Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dll.

      2. Teknik Industri dalam Bidang Sistem Informasi
Posisi yang biasanya diduduki lulusan teknik industri misalnya staf IT (Teknologi Informasi), staf dalam pemasangan sistem informasi, bahkan banyak alumni yang membuka usaha di bidang software house. Perusahaan yang membutuhkan lulusan TI misalnya: SAP Indonesia, Oracle Telkomsel, Pertamina, P&G, dll.

      3. Teknik Industri dalam Bidang pemasaran
Beberapa posisi yang biasanya ditempati oleh lulusan TI misalnya market research, technical sales, dll. Misalnya di perusahaan P&G, Unilever, Nestle, Astra, dll.

      4. Teknik Industri dalam Bidang logistik
Perencanaan dan pengelolaan sistem distribusi merupakan bidang yang mulai banyak dimasuki oleh lulusan TI. Kuliah kalian akan belajar tentang pengaturan produksi, termasuk penyediaan bahan baku, sampai pengaturan hasil produksi dan jalur distribusi. Prospek kerjanya di perusahaan-perusahaan FMCG seperti Unilever, Nutrifood, Semen Gresik, Holcim, P&G dan lain-lain.

      5. Teknik Industri dalam Bidang manajemen Sumber Daya Manusia
Pengelolaan sumber daya manusia mulai dari masalah rekruitmen, pengembangan sistem penggajian dan manajemen personalia termasuk pengembangan SDM dalam pelatihan. Alumni TI (Teknik Industri) yang bekerja di bidang ini misalnya di PT Semen Padang, P&G, dll.

      6. Teknik Industri dalam Bidang keuangan (Bank dan Asuransi)
       Banyak juga lulusan teknik industri yang bekerja di perbankan. Biasanya pada departemen yang membutuhkan analisa keuangan seperti treasury and funding ataupun marketing. Misalnya BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga, dsb.

7. Teknik Industri dalam Bidang konsultasi manajemen
Seorang lulusan teknik Industri dapat bekerja dalam perusahaan konsultan internasional. Misalnya Boston Consulting Group, Accenture, Nielsen Company, dll.

sumber : usm.itb.ac.id

Untuk perkuliahan teknik Industri sendiri berada di berbagai PTN maupun PTS seluruh Indonesia. Antara lain UI, ITB, UGM, UNDIP, ITS, dll. Jadi jangan ragu untuk kuliah teknik industri selain prospek kerja yang luas juga mempunyai gaji besar.

Demikian informasi mengenai prospek kerja dari teknik industri yang perlu anda ketahui. Semoga informasi tersebut berguna untuk anda. Terima kasih

Prospek Kerja Teknik Industri

Prospek Kerja Teknik Industri Rating: 4.0 Diposkan Oleh: Admin Blog

0 komentar:

Posting Komentar